DON'T FORGET TO DOWNLOAD FONT FOR ANIME | LIKE OUR FUNPAGE | SUBSCRIBE OUR WEBSITE | JOIN OUR DISCORD | AND REPORT IF YOU FIND SOME TROUBLE
12 Okt 2021


 Hard Tramslate begitu lah cara saya menyebutkan subtitle yang masih mentah. Mentah ini diartikan sebagai subtitle yang masih berantakan, belum tersusun, ataupun kosakata yang tidak tepat. Pada bab 1 ini hanya sedikit yang akan kita bahas namun bisa mempersingkat pengerjaan kalian hingga 50%.  Baiklah kita akan langsung bahas software yamg berperan dalam Bab.1 ini.

SUBTITLE EDIT
Subtitle edit sebenarnya bisa juga bisa digunakan sebagai software editing subtitle, namun software ini kemampuan nya terbatas. Tapi ada satu satu fitur yang penting dari aplikasi ini, yaitu 'Autotranslate'. Nah dari kata auto translate aja kalian udah paham kan software ini gunanya buat apa?
 
Saya menggunakan software ini hanya untuk mentraslate raw subtitle ke indonesia. Fitur ini membuat kita tidak perlu capek-capek harus tranlate perkotak dialog di google translate. Silahkan lihat gambar di bawah ini untuk cara penggunaan nya.


  1. Open file subtitle
  2. Pilih menu auto translate - sub menu auto translate (Ctrl + Shifit + G)
  3. Pilih bahasa yang akan di tuju.
  4. Tekan tombol translate
  5. Jangan lupa klik OK untuk mengkonfirmasi.
  6. Lalu save.

Sampai sini, subtitle telah berganti ke bahasa yang kita inginkan dengan mudah dan cepat. TAPI PERLU DI INGAT! ini masih Hard Translate. Yah kalian taulah gimana hasil transaletan  google translate. Untuk mempermudah proses editing nanti, saya biasa nya mengganti kata-kata yang terlalu baku seperti kata SAYA, ANDA, KITA, AKUNG dengan menekan CTRL + H pada keyboard akan memunculkan menu Replace lalu saya ganti kata baku tadi menjadi bahasa yang lebih enak di dengar. Misalnya SAYA akan diganti menjadi AKU, ANDA dengan KAU (di proses editing nanti bisa berubah manjadi MU), KITA dengan kata KAMI, dan AKUNG dengan kata SAYANG. Mungkin ada beberapa kata lagi yang terlalu formal yang nanti bisa kalian sesuaikan di proses editing nanti.

Pilih Replace All jika ingin mengganti secara keseluruhan.

Nah proses Hard Translate cukup sampai disini. Buat yang kurang jelas silahkan liat vidio di bawah ini!


Jangan lupa simpan file hard translate kalian lalu kita pindah ke proses Editing mulai besok. 

Leave a Reply

Malu bertanya sesat dijalan, Enggan Berkomentar "Sombong yah" :v

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © UTOPIA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Redesigned by Rhobelt Chynza -