DON'T FORGET TO DOWNLOAD FONT FOR ANIME | LIKE OUR FUNPAGE | SUBSCRIBE OUR WEBSITE | JOIN OUR DISCORD | AND REPORT IF YOU FIND SOME TROUBLE
14 Mar 2019

Yo, kali ini saya ingin sedikit membagikan pengalaman saya didunia komputerisasi.
sebelum membaca artikel ini, saya ingatkan bahwa isi artikel ini murni pengalaman yang saya alami saat melakukan perbaikan pada personal computer yang memperbaiki di toko saya.
Jika ada kesalahan atau materi yang kurang tepat, silahkan komentar pada kolom yang sudah di sediakan.


Ada beberapa kasus yang sering muncul di masyarakat umum. nah untuk itu saya akan membahas hal tersebut pada artikel ini. Baiklah langsung saja kita bahas!
      PC yang kita beli pada awal nya cukup ringan, tapi setalah 1 atau 2 bulan tiba-tiba menjadi berat. Kok bisa ? maka tanyakan pada diri kalian sendiri hal ini.
  • Apa kalian saat menginstal/mendownload program tidak membawa bloatware saat penginstalan tersebut ?
  • Apakah spesifikasi pc/laptop/nootbook anda mumpuni untuk menjalankan program yang anda inginkan ?
  • Apa kah anda tidak menginstal program terlalu  banyak ?
  • Virusan.

 nah biasanya hal tersebut yang paling umum saya tanyakan kepada pelanggan. maka saya akan sedikit menjelaskan kenapa hal tersebut saya tanyakan.
A.  Bloatware.
  Bloatware adalah software gulma datang dan menumpang pada program lain sehingga memberi beban lebih kepada program ataupun kinerja PC kita. Banyak user yang tanpa sadar telah menginstal bloatware ini. Bloatware bisa muncul, saat kalian mendownload dengan download manager pada penyedia software tersebut.  sebagai contoh lihat gambar di bawah ini.
Contoh bloatware terselubung, saat mendownload program.
 yah mungkin kebanyakan orang awam, langsung mengklik tombol "Download Now" tersebut, tanpa membaca tulisan kecil dibawah tersebut (betapa licik nya bukan). Nah selain dari saat mendownload, bloatware juga bisa menyusup kedalam program yang sudah kita download dan ingin instal. kalian bisa lihat contoh di bawah ini.
Toolbar yang akan memberatkan program search engine kalian.
 Bloatware toolbar tersebut akan sulit di hilangkan, karena menempel ke main base search engine kalian. 
Jika kalian beranggapan, "ah hanya toolbar dan antivirus, gak masalah lah" maka saya akan jawab anda "SALAH BESAR". Logika nya jika kalian menambah banyak program yang berjalan, maka processor , ram ataupun hardisk kalian akan terbebani. mereka harus membuka ruang untuk para "PENUMPANG GELAP" ini, yang menyebabkan mereka sulit untuk bernafas lega.si Toolbar ini juga ngaco, gak bisa kita pungkiri bahwa Google ialah seacrch engine terbaik sampai kapanpun, lalu di ganti dengan search engine Yahoo misal nya, yang saat kita ngesearch banyakan topik dari yahoo doang yg muncul, kan kampret!
SARAN dari saya. 
  1. TELITI saat menginstal program, jangan main NEXT-next aja , yah walau kalian gak tau bahasa inggris, cukup unceklist jika ada kotak ceklist yang sok rekomended program lain(kecuali Dirext dan Visual Net yah, itu penting buat game).
  2. DOWNLOAD lah program dari website terpercaya kayak di web nya bang kuyhaa.me, via torrent, atau web resmi dengan membeli produk original nya (malah promot web tetangga haha) atau yah kalau kalian gak ngerti" amat soal download, beli aja CD nya di toko komputer (walau gue tau di Indonesia ini cd nya kebanyakan bajakan nya). Oh ya! yang mesti kalian perhatikan di sini, ialah cek size asli program sebelum mendownload. karena biasanya kalau download dari web penyebar bloatware ini mereka biasa ngasih download manager mereka yang ukuran nya kecil, terus disuruh download pake software tersebut (AUTO CANCEL AJA)
Jika sudah TERLANJUR DI INSTAL, UNINSTALL lahhh... beban tau, bikin kinerja PC bertambah, terus PC jadi panas, terus Overhead and DIE..itu resiko nya. Jadi uninstal bloadware di control panel -program - uninstal a program. nah buat toolbar nya ini susah buat di ilangin, pertama kalian harus unistal pengayaan/addons nya atau lebih tepat menyetting search engine ke setting pabrik, jika kalian gak mau ambil pusing uninstal aja program inang(Mozilla/Crome) nya dulu trus instal lagi deh. kalau gak ilang juga, kalian mesti mainin consol Administrator nya (mozilla di about:config),

B. Spesifikasi PC
Jadi gini, hal ini relatif dan lebih di khususkan untuk laptop. Andaikata kalian beli nootbook yang fungsi nya itu gak lebih dari sekedar buat pengetikan eh trus kalian paksa dengan program high dan kekinian... YAH GAK NGANGKAT BOS Kuuu. Jelas aja jadi berat, toh yang di pake program yang gak kompetible sama hardware kalian. Ibarat kata, kalian ngangkat truk pake motor. Procesor akan ngap"an membuka program tersebut (Over Clocking100%) processor kalian bakal panas dan parah nya bisa menyebabkan nootbook tersebut mati total.

itu adalah sample kecil kasus. Untuk jelasnya kita bedah PC portable nya.
4 Komponen dasar yang menyebabkan cepat/lambatnya sebuah laptop

  • Ram : ram ini tugas nya memberi ruang untuk suatu OS membuka beberapa program di saat waktu bersaamaan. Contoh : Nootbook Aspire One dengan ram 2 GB waktu buka mozilla dan terus membuka tab" baru maka akan terjali leg. NAH disini lah tugas kalian untuk menambah kapasitas RAM agar tak terjadi leg saat membuka banyak program. Minimal 4 GB yah, kalau buat os zaman now sih minimal nya 8Gb. tapi buat sekedar pengetikan 4GB dah lebih dari cukup.
  • Processor, ini sering kalian salah artikan, mentang" ram udah 4GB trus kalian hajar pake software Photoshop/ game high..  yah gak gitu juga bos que :v, processor itu tugas nya buat ngeproses seluruh kerjaan di laptop mu, jadi yang menentukan cepat atau tidak nya ngeproses data si processor ini. gue kasih contoh tugas nya si processor ini, seorang vidio edito bertugas buat ngerander vidio (menyatukan vidio) atau pun mengkompres data nah disinilah peran si processor. Jadi SEBELUM MEMBELI LAPTOP/NOOTBOOK lihat lah dulu Processor nya. yang umum sih Core I3-core I7 buat laptop, tapi kalau dah lintingan PC HIGH mau kalian hajar sampe Core i9 juga silahkan (sesuain budget yah!) 
  • nah kita lari ke kipas pembuangan, tuh Processor tadi kan kerja nya keras, suhu Processor ini bisa up to 70an Calcius, tentu panas bukan, nah panas itu di salurin lewat headsing (besi tembaga) itu yang di tempelkan dengan thermal paste lalu panas nya di buang lewat kipas. nah bagaimana jika kipas tersumbat atau thermal paste nya kering. so automatis laptop kalian panas banget yang menyebabkan overhead tadi yang buntut nya bisa menyebabkan kerusakan pada motherboot/Mati total. jadi saya sarankan untuk lakukan pembersihan berkala 3-6 bulan sekali untuk membersikan kipas dan mengganti thermal paste nya yah. soalnya ini juga bisa menyebabkan laptop kalian leg jg loh.
  • Hardisk, nah ini yang sering kali bermasalah tapi gak ketahuan. Hardisk juga peran nya sangat penting, sebagai rumah bagi OS/Software, Hardisk ini juga menentukan laptop tersebut lag atau tidak. kok gitu ?  ketika semua perangkat lain tak ada masalah atau dalam kondisi normal, namun masih terjadi leg maka hardisk kalian mungkin terkena badsector (terjadi nya kerusakan pada hardisk). tugas utama hardisk ini membaca dan menulis sesuai perintah Processor, jadi jika si Hardisk terluka atau rusak, maka pekerjaan nya akan ikut terhalang, bahkan sulit untuk bergerak. untuk hal ini saran gue cuman 1 , LEM BIRU (Lempar Beli Baru) karena hardisk yang badsector tak akan bisa sembuh total kembali, meski sudah di potong  bagian busuk nya (yah itupun kalau ada yg jago motong badsector pada hardisk). Saran nih, pake SSD aja, karena kecepatan nya 10x lipat dari hardisk normal dan lebih tahan banting ketimbang hardisk yg masih menggunakan kepingan benbentuk CD tersebut (tapi lebih mahal :3 ).
    contoh hardisk yang badsector biasanya kinerja nya selalu 100%
Nah 4 perangkat keras inilah yang mesti kalian cek dahulu jika terjadi leg. lakukan lah maintenance sesuai saran saya, ya!


C. Startup yang Berlebihan
     Apa itu startup ? startup ini ialah program yang berjalan automatis saat windows berjalan. 
bentuk startup pada windows 10
saat kita menginstal program biasanya ada program yang bekerja automatis saat pc baru di hidupkan, nah dari loading ke dekstop ini sering tersangkut di bagian startup. Karena saat muncul ke dekstop banyak program ingin  berjalan sekaligus. Ini akan membebani ke hardware" kalian. Nah seperti yang kita bahas di awal tadi tentang Malware, si malware inilah yang ikut"tan berjalan di belakang layar mengurangi kapasitas ram kita. jadi matikan/disable saja program yang tidak di perlukan seperti yang saya lakukan pada gambar di atas. Cukup eneble yang penting saja . untuk di windows 10 simple hanya perlu masuk ke task manager untuk  mematikan nya, namun di windows 7 kalian harus mematikannya lewat (Windows+R, trus ketik msconfig > enter, pilih startup tuh)


Tambahan+ : Selalu sisakan 20GB up di local disk C agar tak terjadi leg. seperti pertanyaan diatas, banyak program kadang lupa menyisakan ruang untuk C bernafas.

Perlu saya ingatkan juga, buat kalian untuk tidak perlu  menginstal antivirus terlalu banyak di pc kalian, cukup 1 saja, karena virus yang paling bandel itu cuman 1 menurut ku yaitu virus Trojan. >pindah ke bawah<

D. Virusan

Yah ini klasik banget alasan nya. Seperti namanya Virus kalau udah menginfeksi tubuh inang nya, maka akan merusak nya sampai hancur. Tapi kalian juga gak perlu takut sebenarnya, karena virus yang umum berbahaya yang beredar itu biasanya virus Trojan yang sifat nya seperti Infeksi Zombie. Jika Pc kalian terinfeksi Virus Trojan maka jalan satu" nya ialah Instal Ulang. Jadi percuma yah kalian pasang antivirus jika virus nya udah ngeinfeksi komputer itu duluan. Jadi pasanglah antivirus setalah kalian instal ulang (setelah instal driver tepatnya). buat windows 10 sih gak perlu lagi sebenarnya, tapi tambahin deh antivirus kearifan lokal kayak SMADAV atau PC Media Antivirus ahaha.. lumayan buat ngefilter virus cebong yg kadang gak keliatan sama Windows defender nya windows 10. Buat Windows 7 yg gak ada antivirus  bawaan, kalian bisa pake antivirus tambahan lain  nya seperti Norton/Avast. Soal virus Ramsumware wanna cry kemaren, ah gak musim lagi dah. gue kemaren bomat, pas lagi heboh. ahahahaha





NAH ITU DIA PEMBAHASAN KENAPA PC/KOMPUTER/LAPTOP KALIAN BISA LEG.
rasanya sudah kita bahas habis"san, kenapa bisa terjadi leg dan gue juga dah kasih saran bagus buat kalian jika terjadi trouble di  sana.

Gue ingetin, rawatlah Pc kalian seperti kalian merawat hewan peliharaan. 
Jaga dia, beri asupan, dan upgare dia! Ini demi hubungan timbal balik.
Jangan biarkan dia ngambek waktu kalian skripsi yah hahaha..


Leave a Reply

Malu bertanya sesat dijalan, Enggan Berkomentar "Sombong yah" :v

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © UTOPIA - Blogger Templates - Powered by Blogger - Redesigned by Rhobelt Chynza -